Senin, 22 Mei 2017

Penggenapan dan Penerapan Penebusan

Ringkasan
Penggenapan & Penerapan Penebusan
(John Murray); Pen: Sutjipto Subeno; Redemption: Accomplished and Applied
~~~ Surabaya; Momentum; 1999 ~~~
Penggenapan Penebusan
1.      Keharusan pendamaian
·         Alkitab memberitahu kita bahwa kasih Allah yang merupakan sumber mengalirnya pendamaian dan yang daripadanya pendamaian itu terekspresikan, merupakan kasih yang berbeda dari kasih yang lainya3... (Rm. 5:8; 8:31-32)
·         Rm. 8:29; Ef. 1:4-5... Kasih Allah yang menjadi sumber pancaran pendamaian ini bukanlah kasih biasa; kasih ini adalah kasih yang memilih dan kasih yang menentukkan dari sejak semula (predestinasi)4.
·         Hanyalah karena itikad baik yang terpancar dari kedalaman kebajikan dasarNya sendiri, Ia memilih orang-orang-orang untuk boleh menjadi ahli waris Allah dan teman pewaris Kristus5.
·         ...Keharusan hipotesis, berpegang bahwa Allah dapat memberikan pengampunan dosa dan menyelamatkan orang percaya tanpa pendamaian ataupun pemuasan – cara lain terbuka bagi Allah karena semua hal mungkin bagiNya6.
·         Istilah “Keharusan absolut” menunjukkan bahwa Allah, yang karena itikad baikNya telah memilih sebagian orang untuk mendapat hidup yang kekal, berada dalam satu keharusan untuk menggenapkan maksudNya ini melalui pengorbanan AnakNya yang tungggal, suatu keharusan yang muncul dari naturNya sendiri7.... Ibr. 2:10,17;Yoh. 3:14-16; Ibr. 1:1-3; 2:9—18; 9:9-14; 22-28.
·         Adanya keharusan pencurahan darah dalam pengaturan korban lewi sebenarnya disebabkan karena adanya keharusan pencurahan darah dalam wilayah sorgawi yang lebih tingggi11.
·         Salib Kristus merupakan demonstrasi terbesar dari kasih Allah (Rm. 5:8; 1 Yoh 4:10). Karakter teragung demonstrasi ini terletak pada harga yang tak ternilai dari pengorbanan yang dikerjakan itu13... (Rm. 8:32)
·         Karena di dalam Kristus ketetapan kesucian dan tuntutan keadailan dapat dipenuhi secara sempurna, maka Allah menetapkan Dia sebagai pendamai untuk menyatakan kebenaran-keadilaNya14.
·         Semakin kita menekankan tuntutan keadailan dan kesucian yang tidak dapat dibengkokkan, semakin kita takjub melihat kasih Allah yang dilakukanNya15.
2.      Natur Pendamaian
·         Kategori yang lebih spesifik  melalui mana Alkitab menyatakan karya pendamaian Kristus adalah pengorbanan, propisiasi, rekonsiliasi dan penebusan (redemsi)...Ada satu rubrik yang Alkitab berikan, yang melaluinya kita dapat mengerti kategori-kategori yang lebih spesifik, yaitu ketaatan17. (Yes. 53; Yes. 52:13; Yes. 53:11; Yoh. 6:38; Yoh. 10:17-18; Rm. 5:19; Fil. 2:7,8; Gal. 4:4; Ibr. 5:8,9 bad 2:10)
·         Di dalam penderitaan-Nya Ia sangat aktif, dan kematian tidak tiba kepadaNya seperti kematian tiba kepada orang lain19.
·         Seluruh karya ketaatan Tuha kita disetiap fase dan setiap masa dilukiskan sebagai aktif dan pasif, dan kita harus menghindari kesalahan pemikiran bahwa ketaatan aktif diterapkan dalam hidupNya dan ketaatan pasif adalah ketaatan di dalam penderitaan akhir dan kematianNya... ketaatan pasif berkenaan dengan tuntutan hukuman, dan ketaatan pasif berkenaan dengan tuntutan prinsip dasar hukum Allah tersebut20.
·         Ketika kita berbicara tentang ketaatan, kita bukan sedang berpikir tentang tindakan penggenapan formal, tetapi juga suatu penyerahan, kehendak, penetapan dan keputusan yang mendasari dan tercantum dalam tindakan formal tersebut21.
·         Melalui ketaatan itulah ia menjamin keselamatan kita, karena melalui ketaatan itu Ia menggenapkan karyaNya yang menjamin keselamatan itu23.
·         Kategori-kategori yang lebih khusus, yang menjadi saran Alkitab didalam mengukapkan natur pendamaian.
v  Pengorabanan23... pengorbanan PL pada dasarnya bersifat penggantian, dan itu berhubungan erat dengan dosa dan kesalahan24... Ibr. 9:6-15 (ay. 11,12; band. Ay. 23-24).... di dalam mengorbankan diriNya itu, Ia menggantikan kesalahan dan menyingkirkan dosa, sehingga kita bisa ditarik mendekat kepada Allah dengan jaminan iman yang penuh, dan memasuki tempat yang Maha kudus melalui darah Yesus, dimana hati kita dibasuh dari kesadaran si jahat dan tubuh kita dibersihkan dengan air yang murni26.... hingga kini Ia tetap adalah seorang imam, bukan untuk mempersembahkan korban, melainkan sebagai penanggung dari semua kecukupan dan kebajikan yang tercakup dalam korban yang diberikan. Dan karena hal itulah Ia terus menerus melakukan syafaat bagi umat-Nya29.
v  Propisiasi... ada ayat-ayat dimana pengertian propisiasi diaplikasikan sebagai karya Kristus (Rm. 3:25; Ibr. 2:17; 1 Yoh. 2:2; 4:10).... dalam bahasa Ibrani PL, hal ini di ekspresikan dengan kata yang berarti “tutup”: berkenaan dengan dosa yang ditutupi, akibat dari penutupan ini adalah pembersihan dan pengampunan, penutupan dan akibatnya ini terjadi di hadapan Tuhan (band. Khususnya Im. 4:35; 10:17; 16:30)30-31... penutupan disediakan untuk menyingkirkan kebencian Ilahi yang dibangkitkan oleh dosa tersebut31.
Allah yang murka telah diubah menjadi Allah yang mengasihi. Perkataan seperti itu sama sekali salah! Yang benar adalah Allah yang murka itu juga adalah Allah yang mengasihi32... propisiasi tidak meniadakan kasih dan kemurahan Allah; melainkan justru memperluas keagungan kasih-Nya, karna menunjukkan harga kasih penebusan yang harus dibayarNya33. Rm. 3:25,26
v  Rekonsiliasi. Jika propisiasi menempatkan fokus perhatian kita kepada murka Allah, dan profisi Ilahi menempatkan fokus pada penyingkiran murka tersebut34.... Rekonsiliasi sebagai tindakan , adalah tindakan penyingkiran apa yang menjadi dasar keterpisahan Allah dari kita telah disingkirkan39.
v  Seruan “berilah dirimu didamaikan dengan Allah”   
·         Ketika Alkitab mengaitkan penebusan dengan hukum Allah, Alkitab menggunakan istilah-istilah yang lebih khusus48-50.
v  Kutukan hukum Taurat. Gal. 3:13; Gal. 3:10
v  Hukum tata cara. Gal. 4:4,5; Gal 3:25,26
v  Hukum perbuatan. Rm. 5:19
·         Hanya kemenangan itu sajalah yang melepaskan orang-orang percaya dari belenggu ketakutan dan memberikan kepada mereka terang keyakinan dan kepastian iman55.
3.      Kesempurnaan pendamaian
·         Ibr. 12:11; Rm. 8:1
·         Hal-hal yang termasuk didalam kegenapan karya Kritus
v  Obyektivitas sejarah58... pendamaian juga dilakukan didalam natur manusia, di suatu waktu tertentu di masa lampau, dan digenapkan dalam proses sejarah59. (Gal. 4:4,5)
v  Finalitas... pendamaian adalah karya yang sempurna, tidak diulangi dan tidak pernah boleh terjadi lagi60... (band. Ibr. 1:3; 9:12, 25-28). Gagal menerima finalitas sekali untuk selamanya ini berarti salah mengerti apakah pendamaian itu sebenarnya61.
v  Keunikan62... korban pengorbanan sama sekali bukan hukum dari setiap makhluk, bahkan sama sekali bukan hukum. Pengorbanan ini hanya satu-satunya, tidak ada tandinganya, ini suatu transaksi Ilahi – tidak pernah terulang, tidak ada bandingnya, tidak dapat dihampiri64.
v  Efektivitas Intrinsik... Doktrin Remonstran: Kristus telah melakukan sesuatu yang lain, yang rela diterima oleh Allah untuk menggantukan pemuasan keadailan secara penuh65... Pengakuan iman Westminster: “Tuhan Yesus dengan ketaatan sempurnaNya, dan yang melalui Rohnya yang kekal mengorbankan diriNya, telah dengan sempurna memuasakan keadilan Bapanya, bukan hanya bagi pendamaian, tetapi bagi pewarisan kerajaan sorga secara kekal, bagi setiap orang yang diberikan Bapa kepadaNya.” (VIII, v)65.
Hanya karena kasih karuniaNya sendiri Ia memberikan diriNya sendiri bagi kita. Sama sekali salah anggapan yang menyatakan bahwa Karya Kristus memberikan dorongan bagi Bapa sehingga Ia terpaksa mengasihi dan bermurah hati... Ef. 2:4, 5; band. 1Yoh 4:9. Pendamaian adalha harta kasih dan anugerah Allah65.
4.      Jangkauan pendamaian
·         Yes. 53:6; Ibr. 2:9; 1 Yoh. 2:2
·         Dari awal sampai akhir Alkitab menggunakan ekspresi yang universala secara istilah tetapi tidak dapat ditafsirkan denga arti semua manusia secara distributif dan inklusif65... Rm. 11:12; Rm. 5:18; 1 Kor. 6:12; 10:23
·         Kristus tidak datang untuk membuat Allah bisa diperdamaikan. Ia memperdamaikan kita kepada Allah melalui darahNya72.
·         (yoh. 6:38,39). Jaminan kepastianlah yang dihasilkan dalam penggenapan penebusan Kristus. dan berkenaan dengan orang-orangnya, itu berarti bahwa rancangan, penggenapan, dan realisasi finalnya akan mencapai jangkauan yangs sama73.
·         Doktrin “pendamaian terbatas” yang kita pertahankan adalah doktrinyang membatasi penebusan hanya kepada mereka yang mewarisi hidup yang kekal, yaitu umat pilihan74.
·         Jika Ia hanya sekedar membuat keselamatan mungkin untuk semua orang, maka Ia tidak dapat ditawarkan sebagai Juruselamat dan sebagai seorang yang membawa di dalam diriNya sendiri keselamatan yang penuh dan bebas75. Rm. 8:31-39
·         Kasih ini adalah kasih yang menjamin keselamatan kekal bagi mereka yang menjadi obyeknya80.
·         Rm. 6:3-11; Ef. 2:4-7; Kol. 3:3; 2 Kor. 5:14; Rm. 6:8,9; Rm. 6:4, 5; 2 Kor. 5:14,15.. kita telah mengikuti urutan propisiasi (rumusan) yang dibangun oleh Rasul Paulus yang begitu tegas. Semua orang yang untuknya semua Kristus mati di dalam Kristus, juga akan bangkit kembali bersama kristus81.

·         2 kor. 5:5:14, 15... Ekspresi ini tidak boleh dimengerti sebagai Ekspresi yang bersifat Universal secara distribtif82.

Diringkas Oleh : Nosindruhu Wau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar